Akmal Hadi Headline Animator

20 Desember 2010

Kualitas Seorang Pemimpin

Pemimpin memang berbeda dengan karyawan biasa. Sesuai dengan namanya, pemimpin dituntut untuk memiliki jiwa leadership, kewibawaan, dan potensi yang melebihi anak buahnya. Jika tidak, apa bedanya pemimpin dan anak buah? Tanpa semua itu, sulit bagi pemimpin untuk menggiring anak buahnya menuju sukses.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin, yang membedakannya dengan anak buah:

Integritas
Seorang pemimpin harus memiliki integritas. Integritas disini adalah mampu melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikatakannya. Dengan integritas pemimpin lebih layak dipercaya. Jangan lupa, satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikuti pemimpinnya adalah bila karyawan tak sepenuhnya merasa yakin bahwa pemimpinnya bisa membawa mereka pada tujuan yang telah disepakati bersama.

Optimisme
Tak ada satu orang pun yang mau menjadi pengikut Anda jika Anda sendiri selalu pesimis memandang masa depan. Selama ini, orang-orang hanya mau dipimpin oleh seseorang yang yakin menyongsong hari esok. Bagi semua orang, sikap optimis adalah perlu apalagi bagi pemimpin dengan beberapa pengikut di belakangnya. Karena semua hal yang akan dilakukan harus dimulai dengan sikap optimis. Namun, sebagai pemimpin Anda pun harus mampu menumbuhkan sikap optimis di diri anak-anak buah.

Menyukai perubahan
Pemimpin harus jeli menangkap kebutuhan akan pentingnya suatu perubahan. Bila perlu, seorang pemimpin harus bisa menjadi motivator terhadap perubahan, ke arah yang lebih baik tentu. Karena seseorang tidak akan bisa berkembang jika tidak berani berubah. Maka, bangkitkan semangat anak buah untuk menuju perubahan dan pembaruan yang lebih oke.

Berani menghadapi resiko
Keberanian mengambil resiko adalah bagian dari kepemimpinan yang amat penting. Banyak orang menghindari resiko karena takut mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka yang takut, tidak layak menjadi pemimpin. Para pemimpin menghitung resiko dan keuntungan yang ada di balik resiko. Mereka mengkomunikasikannya pada pengikut mereka dan melangkah pada hari esok yang lebih baik.

Pantang menyerah
Para pengikut membutuhkan pemimpin yang kuat, tegar, tangguh, dan mampu bangkit dari kekalahan. Seorang yang loyo dan mudah putus asa sama sekali tidak patut menjadi pemimpin. Karena hanya akan menularkan sikap pasrah pada anak buahnya. Para pemimpin adalah orang-orang yang tak kenal lelah yang berusaha menggapai apa yang menjadi tujuannya. Mereka juga mampu memotivasi pengikutnya mencapai tujuan itu bersama-sama.

Berdedikasi penuh
Pengikut akan mengikuti pemimpin yang senantiasa bekerja dan berdedikasi terhadap pekerjaan dan tanggung jawabnya. Para pemimpin senantiasa memandang betapa pentingnya pencapaian tugas-tugas dan tujuan. Hal ini akan berpengaruh pada kinerja para pengikutnya.

Sekarang coba camkan, apakah Anda adalah pemimpin yang memiliki kesemua hal di atas? Bila ya, maka Anda layak menjadi seorang pemimpin yang diandalkan. Tetapi jika tidak, mulailah meningkatkan kualitas kepemimpinan Anda dengan hal tadi. Sehingga Anda mampu memimpin dan mengantarkan pengikut Anda menggapai sukses. Sukses untuk Anda..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar