welcom

Akmal Hadi Headline Animator

20 Desember 2010

Hal Sepele yang Bikin Plus

Datang tepat waktu
Ingat, karyawan yang baik adalah karyawan yang selalu datang tepat waktu. Memang, pekerjaan yang mendesak dan dikejar ‘deadline’ kadang membuat Anda terpaksa kerja lembur. Namun hal ini bukanlah alasan kuat untuk datang terlambat keesokan harinya. Kecuali jika bos Anda memberi ijin untuk datang terlambat.

Bereskan meja Anda
Walau terlihat sepele, meja yang selalu tampak rapih dan bersih akan membuat bos merasa nyaman melihat cara kerja Anda. Walau Anda ingin dianggap sibuk dengan menampilkan meja yang penuh kertas dan peralatan kerja, meja yang berantakan mengesankan Anda ‘teledor’ dan kurang bertanggung jawab.

Berpakaian yang pantas
Memang masing-masing orang memiliki ‘style’ atau gaya berpakaian masing-masing. Namun biasanya seorang bos atau atasan lebih menyukai cara berpakaian anak buah yang sopan, rapih, dan profesional. Sekalipun Anda bekerja di lingkungan yang memungkinkan Anda berpakaian bebas seperti di advertising, production house atau pers, hindari gaya berbusana yang seronok atau terlalu ‘funky’. Tampil modis boleh saja, asal jangan sampai menimbulkan kesan aneh pada penampilan Anda. Ingat gaya berpakaian mencerminkan kepribadian Anda.

Informatif dan inisiatif
Segera beritahu bos tentang siapa saja yang menghubunginya sewaktu ia tidak di tempat dan sampaikan bahwa Anda sudah mengirim email penting padanya. Atau jika bos ingin cuti, berinisiatiflah menawarkan apa saja yang dapat Anda tangani selama bos tidak ada di tempat. Jangan lupa untuk menyampaikan hal-hal penting yang terjadi di kantor selama bos tidak di tempat. Tindakan ini selain sebagai upaya untuk selalu komunikatif dengan bos, juga merupakan upaya dalam rangka menjalin kerjsama yang baik dengan bos.

Mandiri
Mengerjakan hal ringan seperti membersihkan komputer dan meja Anda yang berdebu serta mengambil air minum tanpa meminta bantuan ‘office boy’ menandakan bahwa Anda orang yang tidak terlalu bergantung pada orang-orang yang semestinya membantu Anda. Jangan pernah berpikir bahwa anda ‘terlalu tinggi’ untuk mengerjakan hal semacam itu.

Memang rasanya hal-hal di atas terkesan bukan hal yang penting, tapi kalau Anda terbiasa melakukannya bisa menambah nilai plus Anda di mata bos loh! Dan secara tidak langsung akan memudahkan Anda dalam meniti karir. Kalau nggak percaya, coba aja dari sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar