Akmal Hadi Headline Animator

21 Desember 2010

Kenali Diri Anda Sendiri!

Salah satu kunci kesuksesan dalam hidup ini adalah mengenal diri sendiri. Bukan hanya dalam karir tetapi juga mencakup aspek kehidupan lainnya, seperti kehidupan sosial, keluarga, masyarakat, dan spiritual. Kenapa? Karena dengan mengenali diri sendiri, Anda dapat mengetahui dengan pasti apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Anda juga menyadari sepenuhnya apa saja kemampuan, minat, bakat, dan keinginan-keinginan Anda.

Jika Anda mengenal diri sendiri dengan baik maka Anda bisa menyusun rencana hidup yang sesuai dengan kondisi dan keberadaan diri Anda. Dan hal ini menunjang kesuksesan yang akan Anda raih. Tapi masalahnya, mengenal diri sendiri ternyata jauh lebih sulit daripada mengenal orang lain. Coba jawablah dengan jujur, apakah saat ini Anda benar-benar telah mengenal diri sendiri? Mungkin Anda sendiripun masih bingung dengan diri sendiri. Anda masih bingung apa mau Anda dan apa tujuan hidup Anda.

Bagi Anda yang masih sulit mengenali diri sendiri, nggak ada salahnya loh usaha. Caranya? Manfaatkan waktu luang Anda dan carilah suasana yang lebih tenang. Kemudian, ikuti petunjuk dari rekan-kantor berikut ini:

- Ambil sehelai kertas, lalu tuliskan nama, usia, tempat dan tanggal lahir, dan data pribadi Anda yang lain yang patut Anda ketahui. Kemampuan Anda mengenali diri sendiri lewat data diri ini merupakan awal dari pengenalan terhadap diri sendiri. Karena bagaimana Anda mengenali diri sendiri jika usia sendiri pun lupa? Saat melakukannya, lepaskan segala ketakutan, kecemasan dan keraguan yang mungkin menggelayuti pikiran Anda.

- Selanjutnya tuliskan riwayat pekerjaan anda. Anda boleh memulainya dari awal atau akhir. Yang penting Anda mampu melihat seluruh riwayat pekerjaan Anda secara utuh tanpa ada yang tertinggal. Jika saat menulis Anda teringat pada hal-hal lain yang menyertainya, misalnya kebahagiaan atau kesedihan jangan enyahkan. Biarkan saja, justru dari hal ini memori Anda akan terasah mengingat segala sesuatu yang pernah terjadi pada diri Anda.

- Tuliskan riwayat pendidikan Anda, sejak kecil hingga sekarang. Tuliskan pula ketrampilan dan hal-hal lain yang pernah Anda pelajari. Sambil menuliskannya, ingat-ingat apakah ketrampilan Anda makin terasah atau sebaliknya. Tuliskan seluruh riwayat pendidikan dan hal-hal yang terkait secara utuh. Kemudian amati setiap kecenderungan yang membuat hidup Anda terasa menyenangkan. Lalu coba temukan apakah Anda bisa menemukan hubungan antara pendidikan Anda dengan pekerjaan yang Anda jalani saat ini?

- Tahap selanjutnya, tuliskan kegiatan yang sering Anda lakukan. Kegiatan ini biasanya merupakan kegiatan yang menyenangkan dan membuat hidup terasa penuh gairah. Bisa berupa hobi, petualangan, organisasi sosial, agama, seni, olahraga, dan lain-lain. Coba pikirkan apakah Anda menemukan hubungan antara kegiatan-kegiatan ini dengan pekerjaan dan karir Anda?

- Terakhir, lihatlah diri Anda secara utuh. Tataplah diri Anda di depan cermin besar. Pandanglah diri Anda dengan pandangan yang sederhana tanpa terbebani harapan masa depan maupun penyesalan pada masa lalu. Kemudian coba temukan hubungan antara masa lalu dan masa kini. Apakah kesuksesan Anda di masa kini merupakan dampak dari masa lalu?

Pada dasarnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengenal titik-titik potensi yang memicu kebahagiaan dan kesenangan dalam diri. Hal tersebut cukup efektif untuk mengenali siapa diri Anda sebenarnya. Namun, memang point-point di atas belum cukup untuk benar-benar mengenal diri Anda sesungguhnya. Karena mengenal diri sendiri merupakan proses panjang yang tidak pernah berhenti. Namun paling tidak, cara-cara tadi akan membantu mengungkap siapa diri Anda. Tapi tentu saja lakukanlah dengan jujur, tenang dan tanpa emosi. Dengan demikian Anda akan memahami siapa diri Anda. Selamat mencoba..!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar